I.
Pendahuluan
Seiring
perkembangan zaman di era globalisasi ini, banyak karya-karya manusia yang
mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan sekitar. Begitupun dengan karya
sastra. Karya sastra di zaman sekarang atau yang lebih dikenal sebagai sastra
populer sebagian besar bertemakan percintaan. Sastra populer merupakan suatu
karya yang menyangkut tetntang kepribadian seorang remaja. Karya sastra ini
lebih mementingkan fungsi rekreatif atau memberikan rasa senang kepada pembaca
dengan menggunakan bahasa yang ringan.
Seperti halnya cerpen populer. Cerpen ini cenderung ringan dan langsung pada
tujuannya dibandingkan dengan karya fiksi yang lebih panjang, seperti novel.
Karena cerpen ini cenderung singkat, jadi lebih mementingkan tokoh, plot, tema,
dan bahasa. Cerita pendek cenderung kurang komples dibandingkan dengan novel.
Cerita pendek biasanya memusatkan pada satu kejadian, mempunyai satu plot,
setting yang tinggal, dan jumlah tokoh yang terbatas.
Istilah pendidikan dalam bahasa Inggris “education”, berasal dari bahasa latin “educare”, yang dapat diartikan
pembibingan berkelanjutan. Dalam arti luas penddikan merupakan sistem proses
perubahan menuju pendewasaan, pencerdasan, dan pematangan diri. Kata karakter diambil dari bahasa Inggris character. Karakter merupakan tabiat,
sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau kepribadian yang terbentuk dari hasil
internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai pedoman
berfikir, bersikap, dan bertindak. Jadi yang dimaksud dengan pendidikan
karakter adalah suatu payung istilah yang menjelaskan berbagai aspek pengajaran
dan pembelajaran bagi perkembangan personal. Pendidikan karakter menganggap
perbagai aspek dari pendidiakan moral, pendidikan kewarganegaraan, dan
pengembangan karakter. Pendidikan karakter disebutkan sebagai pendidikan nilai,
pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan
mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk,
memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan
sehari-hari sepenuh hati. Pendidikan karakter terbagi mejadi 17 bagian religi,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,
rasaningin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial.
Inti sari cerita
dari cerpen Rainbow Love in Amsterdam
karya Puji adalah seorang yang bernama Faiz mencintai adik angkatnya yang
bernama Fransisca. Faiz berusaha menghilangkan rasa cinta tersebut karena dia
berpikir tidak mungkin akan mencintai seseorang yang itu adalah adik angkatnya
sendiri. Pada suatu hari ibu Faiz membicarakan tentang masa depan anaknya yang
menyangkut perjodohan. Tidak mungkin jika Faiz harus bilang jujur kepada ibunya
bahwa dia telah memendam rasa kepada adik angkatnya, jadi dia pasrah dengan
wanta pilihan ibunya. Ketika ibunya menyebutkan nama Fransisca
Helena Van Braun, sketika itu Faiz terkejut
dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pilihan ibunya adalah sosok
wanita yang telah lama dicintainya. Inti sari cerita dari cerpen Love That I Should Have
Karya Bella Danny Justice menceritakan tentang seorang anak perempuan yang
bernama Sevilla yang telah ditingggal kedua orang tuanya karena terjadi
kecelakaan. Semenjak itu Sevilla menjadi anak yang pendiam dan suka menyendiri.
Namun setelah dia mengenal Ivan hidupnya berubah menjadi seperti yang dulu
lagi. Setelah sekian lama Sevilla dan Ivan menjalin pertemanan, perasaan cinta
diantara keduanya pun mulai tumbuh. Karena Ivan adalah sosok laki-laki yang
paling populer dan banyak dikagumi wanita-wanita disekolahnya, jadi Sevilla
memilih untuk memendam rasa tersebut. Setelah berpisah selama enam tehun,
Sevilla dan Ivan bertemu di acara reunion SMP. Diacara itulah Ivan menyatakan
cintanya kepada Sevilla setelah enam tahun terpendam.
Sastra Bandingan
adalah pendekatan dalam ilmu sastra yang tidak menghasilkan teori sendiri.
Dalam langkah-langkah yang dilakukannya, metode perbandingan adalah yang utama.
Menurut Remak (1990:1) sastra bandingan adalah kajian sastra di luar batas-batas sebuah negara dan kajian hubungan di
antara sastra dengan bidang ilmu sarta kepercayaan yang lain
seperti seni (misalnya seni lukis, seni ukir, seni bina, dan seni musik), filsafat, sejarah, sains sosial
(misalnya politik ekonomi, sosiologi), sain, agama, dan lain-lain.
Ringkasannya, sastra bandingan membandingkan sastra sebuah negara dengan sastra
negara lain dan membandingkan sastra dengan bidang lain sebagai keseluruhan
ungkapan kehidupan. Aliran sastra bandingan terbagi ke dalam aliran Prancis dan
aliran Amerika. Kedua aliran sepakat bahwa sastra
bandingan merupakan kajian satra di luar batas sebuah negara. Akan tetapi,
Aliran Prancis menganggap bahwa hubungan sastra dengan disiplin lain bukanlah
sastra bandingan, melainkan seni bandingan.
II.
Pembahasan
Karakter atau watak memiliki beberapa aspek, yaitu
aspek berupa tujuan-tujuan yang dimiliki manusia dalam tindakan-tindakanya. Bentuk
organisasi yang bersandar pada jalinan hubungan dan proporsi dari peranan dan
hasrat (misalnya bagaimana hasrat manusia dalam bekerja sama dengan pihak
lain); dan nilai etis. Aspek etis ini menunjukkan bagaimana manusia atau
seseorang itu memenuhi norma-norma kesusilaan. Dari aspek norma kesusilaan, seseorang
dinyatakan baiak atau buruk kreterianya norma-norma kesusilaan (Sardjonoprijo, 1982:
86-88).
Reading (1986:
52 & 297) menyatakan karakter adalah struktrur dasar manusia atau seseorang
yang berbeda dengan yang lainnya, organisasi watak seorang individu, atau organisasi
yang relevan secara sosial yang dimiliki oleh seorang individu. Sedangkan Surya
(2005) mengungkapkan bahwa karakter atau watak pada hakikatnya merupakan sisi
kepribadian yang bberkaitan dengan aspek-aspek moralitas normative myang
berlaku. Jadi kualitas watk seseorang akan dilihat darri penampilan
kepribadiannya ditinjau dari sudut timbangan norma-norma moral. Seseorang
dikatakan memiliki kualitas watak yang baik apabila menampilkan perilaku yang
sesuai dengan norma-norma moral yang berlaku.
Berdasarkan uraian mengenai batasan karakter tersebut,
maka dapat ditarik simpulan yang dimaksudkan dengan karakter adalah nilai-nilai
perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri,
sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap,
perasaan, perkataan, dan tindakan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata
karma, budaya, dan adat istiadat. Oleh karena itu, secara personal karakter
dapat dinyatakan sebagai sikap pribadi yang stabil hasil proses konsolidasi
dengan norma agama, sosial, budaya, bangsa, dan lingkungan secara progresif dan
dinamis, integrasi pernyataan dan tindakan.
Pendidikan karakter terbagi mejadi 17 bagian, yaitu
religi, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,
rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial. Namun di dalam cerpen Rainbow
Love in Amsterdam dan Love That I Should Have hanya terdapat lima pendidikan karakter, yaitu
jujur, rasa ingin tahu, religi, bersahabat, dan gemar membaca.
2.1
Persamaan
Pendidikan Karakter dalam Cerpen Rainbow
Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya Bella Danny Justice.
Persamaan pada cerpen Rainbow Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya Bella Danny
Justice dilihat dari pendidikan karakter (1) jujur, (2) rasa
ingin tahu, (3) religi, (4) bersahabat, (5) gemar membaca.
1. Jujur
Jujur adalah
sikap seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya
tanpa ada kepalsuan dalam suatu tundakan dan perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
………………….
Sejenak ia menghela nafas dan dikumpulkannya seluruh
keberanianya.
Ia tidak punya pilihan karena Salman menunggu jawaban atas khitbah yang dilayangkan padanya atau seumur hidup ia harus memendam perasaan cinta itu selamanya.
“Dia… Muhammad Faizal Abdullah dik.”
Sebuah senyum tersungging di bibir Nabila mendengar pengakuan kakak angkatnya itu. Akhirnya kini ia tahu kalau kakak angkatnya itu telah lama mencintai kakak kandungnya sendiri, Muhammad Faizal Abdullah. (Rainbow Love in Amsterdam: 9)
Ia tidak punya pilihan karena Salman menunggu jawaban atas khitbah yang dilayangkan padanya atau seumur hidup ia harus memendam perasaan cinta itu selamanya.
“Dia… Muhammad Faizal Abdullah dik.”
Sebuah senyum tersungging di bibir Nabila mendengar pengakuan kakak angkatnya itu. Akhirnya kini ia tahu kalau kakak angkatnya itu telah lama mencintai kakak kandungnya sendiri, Muhammad Faizal Abdullah. (Rainbow Love in Amsterdam: 9)
……………………
“a-apa? K-kau menyukaiku? Sejak dulu?”
“ya. Aku minta maaf karna sudah menyakiti hatimu. Aku
menghindarimu karna aku ingin melupakanmu. Tetapi, sampai detik ini, aku bahkan
belum bisa menghapus bayangmu dari fikiranku. Aku selalu bermimpi bertemu
denganmu. Aku ingin mengatakan perasaanku padamu, tapi aku tidak tau info
apapun tentangmu sampai Florentina mengadakan reuni ini. Kau tau selama 1 bulan
aku menyiapkan diri matang-matang untuk berani menyatakan perasaanku padamu.
Hehe”. (Love That I Should Have: 28).
Kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama menunjukkan
sifat jujur dalam mengungkapkan perasaan cintanya. Dalam kutipan cerpen yang
pertama tokoh Fransisca sedang mencurahkan isi hatinya kepada Nabila bahwa dia
mencintai kakaknya yang bernama Faiz. Cerpen kutipan yang kedua tokoh Ivan
menyatakan cintanya kepada Sevilla setelah enam tahun perasaannya terpendam.
Persamaan dari kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama jujur dalam mencurahkan
isi hatinya.
2. Rasa
Ingin Tahu
Rasa ingin tahu
adalah sifat naluriah yang dimiliki manusia sejak lahir. Rasa ingin tahu
merupakan kecendrungan manusia untuk mengetahui hal yang belum diketahui
sebelumnya.
Selain itu, rasa ingin tahu merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya
untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari,
dilihat, dan didengar.
………………………
“Ehemmm… kamu kangen ya dengan adik-adikmu Faiz?”
Pertanyaan itu membuyarkan lamunan Faiz yang tengah merenung menatap foto
Fransisca yang terpampang di ruang keluarga. Ia jadi salah tingkah, dilihatnya
sang bunda tersenyum dan membawakan segelas teh hangat untuknya.
“Iya umi… Faiz kangen banget dengan mereka, sejak mereka ke Amsterdam untuk kuliah suasana rumah ini jadi sepi”. Ucap Faiz seraya tersenyum ke arah ibundanya tercinta. (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
“Iya umi… Faiz kangen banget dengan mereka, sejak mereka ke Amsterdam untuk kuliah suasana rumah ini jadi sepi”. Ucap Faiz seraya tersenyum ke arah ibundanya tercinta. (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
……………………….
Siang itu aku menerima telfon dari kakak
kelasku perempuan. Aku terhentak mendengar pertanyaannya.
“hei, apa kau ada hubungan spesial dengan Ivan?”
“t-tidak, aku hanya berteman dengannya.”
“apa kau menyukainya?”
“...........”
“hei, aku tanya apa kau menyukainya?!”
“aku..... tidak menyukainya.”
“baiklah kalau begitu.” (Love That I
Should Have: 9)
Kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama memiliki rasa
ingin tahu pada masing-masing tokoh. Pada kutipan cerpen yang pertama rasa
ingin tahu terdapat pada sosok ibundanya yang ingin tahu apakah Faiz sedang
kangen dengan adik-adiknya. Pada kutipan cerpen yang kedua ada seseorang yang
menanyakan kepada Sevilla melalui telepon tentang hubungannya dengan Ivan.
3.
Religi
Religi adalah
segala sistem perbuatan manusia yang untuk
mencapai maksud dengan cara menyadarkan diri pada kekuasaan Tuhan. Jadi apapun yang dikerjakan
dan dilakukan didalamnya akan dilandasi tentang percaya adanya Tuhan.
……………………….
Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa
digambarkan dengan kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia
karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan
Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga
kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga
yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Ivan tertawa dalam pelukanku. Begitu indah dan
membuatku tenang. “haha Villa, kau tidak berubah. Aku sangat mencintaimu...tapi
biar bagaimanapun, aku bersyukur karna penantian kita tidak sia-sia. Aku
benar-benar bersyukur...terimakasih Tuhan.” (Love That I Should Have: 31)
Pada kutipan cerpen yang pertama keimanan dan
ketakwaan pada Allah dan Rasulnya menjadi landasan persahabatan antara abi Faiz
dan ayah Fransisca. Sedangkan pada kutipan cerpen yang ke dua tokoh Ivan
bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan karena telah berhasil mendapatkan
cinta dari Villa. Persamaan dari kedua kutipan cerpen tersebut memiliki
persamaan, yaitu memiliki kepercayaan akan adanya Tuhan.
4.
Bersahabat
Tindakan yang memperlihatkan hubungan pertemanan yang
sangat dekat, akrab, dan bergaul. Sehingga keduanya akan sangan sulit berpisah
dalam situasi apapun. Biasanya persahabatan terjalin tidak terlalu banyak
anggotanya, dan kebanyakan berjenis kelamin yang sama.
…………………………
Umi faham
betul dengan apa yang kamu dan Fransisca rasakan nak. Abi dan Umi tahu kalian
sudah lama saling mencintai. Abi dan Umi jauh-jauh hari sudah menyadari hal
itu. Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa digambarkan dengan
kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia
karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan
Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga
kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga
yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………….
Vivian adalah teman terbaikku yang pernah ku miliki.
Ia satu jurusan denganku, tetapi ia sudah ingin cepat-cepat magang ke Jepang
dan akan berangkat 1 bulan lagi. Aku juga mempunyai keinginan yang sama seperti
Vivian, tapi aku rasa belum saatnya bagiku untuk meninggalkan Indonesia. Masih
ada yang harus aku selesaikan. (Love That I Should Have: 12)
Kedua kutipan cerpen tersebut memilki persamaan,
yaitu sama-sama memperlihatkan hubungan persahabatan diantara kedua tokoh yang
terdapat pada masing-masing cerpen. Dari kutipan cerpen yang pertama
persahabatan terjalin antara ayah Faiz dan ayah Fransiska. Kutipan cerpen yang
kedua adalah tokoh Sevilla yang mempunyai sahabat baik bernama Vivian yang
mulai bersahabat semenjak masih SMP.
5. Gemar
Membaca
Gemar membaca dapat diartikan sebagai
kesukaan akan membaca, ada kecendrungan hati ingin membaca. Selain itu gemar membaca
merupakan kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca yang memberikan kebajikan
atau kebaikan bagi dirinya.
……………………….
Faiz sedih, lama Faiz merasa tersiksa dengan perasaan
itu, salahkah kalau Faiz mencintai dia… ? Faiz ndak tahu kapan perasaan itu
mulai ada dalam hati Faiz. Faiz bergetar tiap mendengar ia melantunkan
ayat-ayat suci Al-Qur’an, Faiz kagum dengan budi pekertinya. Hanya dialah nama
yang selalu Faiz panjatkan dalam do’a, tapi bagaimana dengan pinangan Salman Umi?”
Seperti faham dengan apa yang diraskan putranya, sang bunda membelai rambut putranya itu kembali. (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Seperti faham dengan apa yang diraskan putranya, sang bunda membelai rambut putranya itu kembali. (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Tak terasa 6 tahun sudah terlewati bersama dengan
kenangan tentang pria yang kusukai itu. Kini aku seorang mahasiswi yang
menekuni fakultas Sastra Jepang. Aku suka membaca manga atau komik. (Love That I Should Have:
12)
Pada
kutipan cerpen pertama Faiz bergetar hatinya setiap mendengar Fransisca membaca
ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pada kutipan cerpen kedua tokoh Sevilla adalah
seorang mahasiswi fakultas sastra Jepang yang suka membaca manga atau komik. Kedua
kutipan cerpen tersebut memiliki kasamaan, yaitu sama-sama memiliki kegemaran
dalam hal membaca.
2.2
Perbedaan
Pendidikan Krakter dalam Cerpen Rainbow
Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya Bella Danny Justice.
Perbedaan
pendidikan karakter pada cerpen Rainbow
Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have
Karya Bella
Danny Justice dilihat dari (1) religi,
(2) jujur, (3) rasa ingin tahu, (4) bersahabat, (5) gemar membaca.
1. Religi
Menurut KBBI religi adalah kepercayaan
kepada Tuhan, kepercayaan akan
adanya kekuatan adikodrati di atas manusia,
kepercayaan (animisme, dinamisme); agama.
Definisi
lain menyatakan bahwa religi merupakan perilaku terhadap agama yang berupa
penghayatan terhadap nilai-nilai agama yang dapat ditandai tidak hanya melalui
ketaatan dalam menjalankan ibadah ritual tetapi juga dengan adanya keyakinan,
pengamalan, dan pengetahuan menganai agama yang dianutnya.
……………………….
Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa
digambarkan dengan kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia
karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan
Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga
kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga
yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Ivan tertawa dalam pelukanku. Begitu indah dan
membuatku tenang. “haha Villa, kau tidak berubah. Aku sangat mencintaimu...tapi
biar bagaimanapun, aku bersyukur karna penantian kita tidak sia-sia. Aku
benar-benar bersyukur...terimakasih Tuhan.” (Love That I Should Have: 31)
Perbedaan
yang terjadi pada kedua kutipan cerpen tersebut yaitu pada cerpen pertama
mengacu ke persahabatan antara ayah Faiz dan ayah Fransisca yang di dalamnya
dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Nilai religi yang terdapat pada kutipan cerpen yang kedua terjadi ketika
Ivan bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan karena telah berhasil
mendapatkan cinta dari Sevilla.
2. Jujur
Jujur jika diartikan secara
baku adalah “mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai
kenyataan dan kebenaran”. Berperilaku
jujur melupakan suatu keharusan dan diajarkan dalam berbagai segi kehidupan,
baik dari segi agama, pendidikan, psikologi, perekonomian, dan sebagainya.
Menjadi pribadi yang jujur memang tidak mudah, tetapi bukan berarti sulit untuk
dilakukan.
………………….
Sejenak ia menghela nafas dan dikumpulkannya seluruh
keberanianya.
Ia tidak punya pilihan karena Salman menunggu jawaban atas khitbah yang dilayangkan padanya atau seumur hidup ia harus memendam perasaan cinta itu selamanya.
“Dia… Muhammad Faizal Abdullah dik.”
Sebuah senyum tersungging di bibir Nabila mendengar pengakuan kakak angkatnya itu. Akhirnya kini ia tahu kalau kakak angkatnya itu telah lama mencintai kakak kandungnya sendiri, Muhammad Faizal Abdullah. (Rainbow Love in Amsterdam: 9)
Ia tidak punya pilihan karena Salman menunggu jawaban atas khitbah yang dilayangkan padanya atau seumur hidup ia harus memendam perasaan cinta itu selamanya.
“Dia… Muhammad Faizal Abdullah dik.”
Sebuah senyum tersungging di bibir Nabila mendengar pengakuan kakak angkatnya itu. Akhirnya kini ia tahu kalau kakak angkatnya itu telah lama mencintai kakak kandungnya sendiri, Muhammad Faizal Abdullah. (Rainbow Love in Amsterdam: 9)
……………………
“a-apa? K-kau menyukaiku? Sejak dulu?”
“ya. Aku minta maaf karna sudah menyakiti hatimu. Aku
menghindarimu karna aku ingin melupakanmu. Tetapi, sampai detik ini, aku bahkan
belum bisa menghapus bayangmu dari fikiranku. Aku selalu bermimpi bertemu
denganmu. Aku ingin mengatakan perasaanku padamu, tapi aku tidak tau info
apapun tentangmu sampai Florentina mengadakan reuni ini. Kau tau selama 1 bulan
aku menyiapkan diri matang-matang untuk berani menyatakan perasaanku padamu.
Hehe”. (Love That I Should Have: 28).
Kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama
menunjukkan sifat jujur dalam mengungkapkan perasaan cintanya. Dalam kutipan
cerpen yang pertama tokoh Fransisca sedang mencurahkan isi hatinya kepada
Nabila bahwa dia mencintai kakaknya yang bernama Faiz. Cerpen kutipan yang
kedua tokoh Ivan menyatakan cintanya kepada Sevilla setelah enam tahun
perasaannya terpendam. Perbedaannya yaitu dikutipan cerpen yang pertama tokoh
Fransisca tidak mengungkapkan secara langsung perasaannya ke Faiz, akan tetapi
melalui adik Faiz. Sedangkan pada kutipan cerpen yang kedua tokoh Ivan
mengungkapkan perasaan cintanya secara langsung kepada Sevilla.
3.
Rasa Ingin Tahu
Manusia diberi rasa ingin tahu yang
sangat besar terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu itu terkadang menjurus pada dua
cabang pembelokkan dua sisi, yaitu positif dan negatif. Rasa ingin tahu positif
akan memberikan dampak yang berguna apakah itu untuk dirinya sendiri ataupun
orang banyak. Rasa ingin tahu
negatif, seringkali menimbulkan kerugian pada diri manusia itu sendiri yang seharusnya dapat dihindarkan dengan pengalihan
pikiran dan pengacuhan timbulnya rasa ingin tahu tersebut.
………….……………
“Nak… umi
rasa kamu sudah waktunya berumah tangga, dan kalau gak keberatan umi sudah
memilihkan calon terbaik untukmu.”
Tiada angin tiada hujan. Sebenarnya Faiz kaget mendengar ibundanya menyinggung tentang masa depannya itu tapi ia tahu betul bahwa sang bunda ndak main-main tentang hal itu. Lagipula mana mungkin Faiz berterus terang pada sang bunda soal perasaanya terhadap Fransisca.
“Faiz nurut sama umi… Faiz hanya menginginkan seorang pendamping hidup yang sholihah, yang sayang sama Faiz… sayang sama Abi dan Umi dan sayang sama Nabila. Faiz yakin pilihan umi adalah terbaik untuk Faiz. Kalau boleh tahu siapa dia umi?” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
Tiada angin tiada hujan. Sebenarnya Faiz kaget mendengar ibundanya menyinggung tentang masa depannya itu tapi ia tahu betul bahwa sang bunda ndak main-main tentang hal itu. Lagipula mana mungkin Faiz berterus terang pada sang bunda soal perasaanya terhadap Fransisca.
“Faiz nurut sama umi… Faiz hanya menginginkan seorang pendamping hidup yang sholihah, yang sayang sama Faiz… sayang sama Abi dan Umi dan sayang sama Nabila. Faiz yakin pilihan umi adalah terbaik untuk Faiz. Kalau boleh tahu siapa dia umi?” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
…………………………
Siang itu aku menerima telfon dari kakak kelasku
perempuan. Aku terhentak mendengar pertanyaannya.
“hei, apa kau ada hubungan spesial dengan Ivan?”
“t-tidak, aku hanya berteman dengannya.”
“apa kau menyukainya?”
“...........”
“hei, aku tanya apa kau menyukainya?!”
“aku..... tidak menyukainya.”
“baiklah kalau begitu.” (Love That I Should Have: 9)
Rasa ingin tahu yang terdapat pada kutipan
cerpen pertama yaitu pada tokoh Faiz yang ingin tahu siapa calon istri yang
telah dipilihkan oleh ibundanya. Sedangkan rasa ingin tahu yang terdapat pada
kutipan cerpen kedua yaitu pada tokoh kakak kelas yang bertanya kepada Sevilla
melalui telepon. Dia bertanya apakah Sevilla ada hubungan serius dengan Ivan.
Perbedaannya terletak pada cara bertanya. Cerpen pertama bertanya dengan baik,
sedangkan cerpen kedua bertanya dengan cara yang tidak baik/bersifat memaksa.
Lalu di kutipan cerpen pertama cara bertanyanya secara langsung dan cerpen
kedua secara tidak langsung (melalui telepon).
4.
Bersahabat
Sebenarnya arti persahabatan itu adalah suatu
bentuk kerja sama dan saling memahami antara dua orang atau lebih. Persahabatan
bisa membuat orang senang tetapi juga bisa membuat orang itu menderita.
Kebanyakan itu persahabatan akan membawa dampak yang positif pada kehidupan
kita.
…………………………
Umi faham
betul dengan apa yang kamu dan Fransisca rasakan nak. Abi dan Umi tahu kalian
sudah lama saling mencintai. Abi dan Umi jauh-jauh hari sudah menyadari hal
itu. Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa digambarkan dengan kata-kata.
Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia karena di dalamnya dilandasi
dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Sebelum bundanya
Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga kelak kamu dan Fransisca bisa
menjadi sepasang suami istri membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan
warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………….
Vivian adalah teman terbaikku yang pernah ku miliki.
Ia satu jurusan denganku, tetapi ia sudah ingin cepat-cepat magang ke Jepang
dan akan berangkat 1 bulan lagi. Aku juga mempunyai keinginan yang sama seperti
Vivian, tapi aku rasa belum saatnya bagiku untuk meninggalkan Indonesia. Masih
ada yang harus aku selesaikan. (Love That I Should Have: 12)
Kedua kutipan cerpen tersebut memperlihatkan
hubungan persahabatan diantara kedua tokoh yang terdapat pada masing-masing
cerpen. Dari kutipan cerpen yang pertama persahabatan terjalin antara ayah Faiz
dan ayah Fransiska yang dilandasi dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan. Kutipan cerpen yang kedua adalah tokoh Sevilla yang mempunyai sahabat
baik bernama Vivian. Selain itu mereka berdua juga satu jurusan yang sama.
Perbedaanya kalau di kutipan cerpen pertama persahabatan yang dilandasi dengan keimanan
dan ketakwaan, sedangkan didalam kutipan cerpen yang ke dua
hanya persahabatan biasa.
5. Gemar
Membaca
Gemar membaca dapat diartikan sebagai
kesukaan akan membaca, ada kecenderungan
hati ingin membaca. Seseorang
yang gemar membaca biasanya memiliki tujuan yang baik, yaitu dapat memperoleh
pengetahuan yang luas.
……………………….
Faiz sedih, lama Faiz merasa tersiksa dengan perasaan
itu, salahkah kalau Faiz mencintai dia… ? Faiz ndak tahu kapan perasaan itu
mulai ada dalam hati Faiz. Faiz bergetar tiap mendengar ia melantunkan ayat-ayat
suci Al-Qur’an, Faiz kagum dengan budi pekertinya. Hanya dialah nama yang
selalu Faiz panjatkan dalam do’a, tapi bagaimana dengan pinangan Salman Umi?”
Seperti faham dengan apa yang diraskan putranya, sang bunda membelai rambut putranya itu kembali. (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Seperti faham dengan apa yang diraskan putranya, sang bunda membelai rambut putranya itu kembali. (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Tak terasa 6 tahun sudah terlewati bersama dengan
kenangan tentang pria yang kusukai itu. Kini aku seorang mahasiswi yang
menekuni fakultas Sastra Jepang. Aku suka membaca manga atau komik. (Love That I Should Have:
12)
Pada
kutipan cerpen pertama Faiz bergetar hatinya setiap mendengar Fransisca membaca
ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pada kutipan cerpen kedua tokoh Sevilla adalah
seorang mahasiswi fakultas sastra Jepang yang suka membaca manga atau komik.
Perbedaan pada kedua kutipan cerpen tersebut adalah objek yang dibaca. Kutipan
cerpen pertama yang dibaca adalah kitab suci Al-Qur’an sedangkan kutipan yang
kedua objek bacaannya adalah manga atau komik.
Kesimpulan
Pendidikan karakter merupakan penanaman budi pekerti yang
luhur untuk memahami bagaimana sikap dan perilaku dalam kehidupan. Dalam cerpen
Rainbow
Love in Amsterdam dan Love That I Should Have menganngkat cerita tentang
seseorang yang telah lama memendam perasaan cintanya. Tokoh laki-laki yang terdapat
pada cerpen pertama sudah lama menyukai adik angkatnya sendiri. Dalam cerpen
yang kedua tokoh perempuan menyukai seorang laki-laki semenjak masih duduk di
bangku SMP, namun pada akhirnya mereka dipertemukan setelah enam tahun lamanya.
Dalam cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have terdapat lima pendidikan
karakter, yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca.
Persamaan dan perbedaan pendidikan karakter dalam cerpen Rainbow
Love in Amsterdam dan Love That I Should Have sama-sama terdapat lima nilai, yaitu religi, jujur,
rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca.
Dilihat dari persamaannya cerpen Rainbow Love in Amsterdam
dan Love That I Should Have terdapat lima kesamaan,
yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca. Dilihat dari
segi religi kedua cerpen sama-sama percaya akan adanya Tuhan. Dari segi
kejujuran seperti pada kedua cerpen tersebut sama-sama
jujur dalam mencurahkan isi hatinya. Dari segi rasa ingin tahu kedua cerpan
tersebut terdapat pada kedua kutipan cerpen tersebut yang sama-sama
memiliki rasa ingin tahu pada masing-masing tokoh. Kutipan cerpen yang pertama rasa
ingin tahu pada sosok ibundanya apakah Faiz sedang kangen dengan adik-adiknya
dan pada kutipan cerpen yang kedua ada seseorang yang menanyakan kepada Sevilla
melalui telfon tentang hubungannya dengan Ivan. Dilihat dari segi bersahabat
kedua cerpen sama-sama memperlihatkan hubungan
persahabatan diantara kedua tokoh. Dari segi gemar membaca kedua cerpen tersebut
memiliki kasamaan, yaitu sama-sama memiliki kegemaran dalam hal membaca.
Dilihat dari perbedaannya cerpen Rainbow Love in Amsterdam
dan Love That I Should Have terdapat lima perbedaan,
yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, dan gemar membaca. Dilihat
dari segi religi pada cerpen pertama tentang keimanan dan
ketakwaan pada Tuhan yang terdapat pada suatu persahabatan.
Sedangkan pada cerpen yang kedua rasa syukur kepada Tuhan karena telah
mendapatkan hati seseorang yang dicintainya. Dari segi kejujuran perbedaannya
yaitu dikutipan cerpen yang pertama tokoh Fransisca tidak mengungkapkan secara
langsung perasaannya ke Faiz, akan tetapi melalui adik Faiz. Sedangkan pada
kutipan cerpen yang kedua tokoh Ivan mengungkapkan perasaan cintanya secara
langsung kepada Sevilla. Dari segi rasa ingin tahu kedua cerpen memiliki
perbedaan yaitu cerpen pertama bertanya dengan baik, sedangkan cerpen kedua
bertanya dengan cara yang tidak baik/bersifat memaksa. Lalu di kutipan cerpen
pertama cara bertanyanya secara langsung dan cerpen kedua secara tidak langsung
(melalui telepon). Dari segi bersahabat kedua cerpen sama-sama memiliki sahabat
yang baik, namun pada cerpen pertama persahabatannya dilandasi keimanan dan
ketakwaan pada Tuhan. Dari segi gemar membaca ada perbedaan
dari kedua cerpen, yaitu pada objek yang dibaca. Cerpen yang pertama tokoh
perempuan rajin membaca Al-Qur’an, sedangkan cerpen yang kedua tokoh perempuan
rajin membaca manga atau komik.
Saran
Kepada pembaca sebaiknya harus mengetahui
secara detail tentang karakter tokoh pada suatu cerpen atau novel. Jika hal itu
dapat diketahui secara detail tentang karakter tokoh akan memudahkan pembaca
dalam mengetahui bagaimana watak, perbuatan, dan kelakuan, sehingga pembaca
dapat mengambil nilai-nilai positif dari perilaku tokoh tersebut.
DAFTAR RUJUKAN
Mujahidah, Siti Saadatul. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Hafalan Shalat Delisa”
Karya Tere-Liye dan Relefansinya dengan Pembelajaran Fiqih di MI. (online).
(http://digilib.uin-suka.ac.id/8653/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, diakses pada tanggal 22-11-2014).
Kanzunnudin, Mohammad. 2013. Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter. (online). http://eprints.umk.ac.id/384/1/PROSIDING_SEMINAR_NASIONAL_PENDIDIKAN_(PENDIDIKAN_UNTUK_KEJ.205-214.pdf, diakses pada tanggal 22-11-2014).
Saragih, Ferdinaen. 2011. Pengertian Sastra Bandingan. (online) (http://www.sigodangpos.com/2011/09/pengertian-sastra-bandingan.html?m=0 , diakses pada tanggal 23-11-2014).
Lampiran 1 (sinopsis)
Lima belas
tahun gadis anggun dan bersahaja itu mengisi keseharianya. Entah dari mana dan
kapan perasaan cinta itu ada. Ia berusaha menolak, mengingkari, dan membunuh
perasaan itu namun toh ia menyerah. Semakin lama berusaha membunuh perasaan
cinta itu, namun perasaan itu makin kuat bersemayam dalam lubuk hatinya. Fransisca Helena Van Braun, adik angkatnya adalah putri dari Mr. Robert Van
Braun dan Mrs. Helena Van Braun. Di usianya yang ke sebelas tahun Fransisca
harus kehilangan kedua orangtuanya yang meninggal akibat kecelakaan tragis.
Kedua orangtua gadis itu sudah lama bersahabat karib dengan ayahnya Faiz sejak
masih kuliah di Amsterdam University. Fransisca
sebaya dengan adiknya Faiz, Nabila Aulia Putri dan ia sendiri berselisih empat
tahun dengan Fransisca. Kedua adiknya itu kini tengah menempuh studi di
Amsterdam di tempat yang sama dengan ayah mereka belajar dulu.
Pada suatu hari ibunda Faiz membicarakan tentang pendamping untuknya kelak.
Sebenarnya
Faiz kaget mendengar ibundanya menyinggung tentang masa depannya itu tapi ia
tahu betul bahwa sang bunda ndak main-main tentang hal itu. Lagipula mana
mungkin Faiz berterus terang pada sang bunda soal perasaanya terhadap
Fransisca. Akan tetapi sang bunda memilih Fransisca untuk
menjadi pendamping putranya. Antara percaya dan tidak percaya
pemuda itu berurai air mata. Dipeluknya sang bunda dan diciumnya tangan sang
bunda dengan penuh takzim.
Amsterdam,
21 Januari 2011. Fransisca
termangu di sudut kamar tidurnya. Dari balik jendela ia menerawang jauh ke arah
cakrawala senja yang tengah diguyur gerimis. Pikiranya tertuju pada seorang
pemuda yang telah lama dicintainya. Namun ia juga sedih memikirkan telpon dari
Ibunda angkatnya dari Jakarta dua hari yang lalu yang mengabarkan tentang
lamaran dari teman sekolahnya Salman.
Seiring
berjalanya waktu disaat gelar sarjana kedokteran hampir diraihnya, disaat
usianya yang telah menginjak dewasa maka tak heran kalau dalam diri Fransisca
semakin timbul keinginan untuk berumah tangga. Ia mendambakan seorang
pendamping hidup yang nantinya bisa menjadi imam dan nahkoda dalam bahtera
rumah tangga. Dan sosok pendamping hidup yang didambakanya memang ada pada diri
kakak angkatnya yang lama ia telah jatuh cinta padanya.
Fransisca pun menceritakan semua perasaannya kepada adik kandung Faiz bahwa
dia telah lama mencintai Faiz. Tidak lama berselang Faiz pun datang dengan ayah
dan ibundanya untuk menyusul Fransisca. Faiz pun mengutarakan seluruh isi
hatinya dan Fransisca pun menerima Faiz dengan seluruh hatinya. Faiz
tersenyum dan meraih erat tangan gadis yang kini menjadi istrinya itu.
Lampiran 2 (sinopsis)
Love That I Should Have
Setelah ditinggalkan kedua orang tuanya, Sevilla menjadi wanita pendiam dan
jarang bergaul. Setelah Sevilla mengenal laki-laki yang bernama Ivan hidupnya
kembali seperti dulu, periang dan suka bergaul. Setelah lama berteman dekat
dengan Ivan, perasaan cinta pun tak bisa terlelakan. Namun Sevilla tidak
mungkin mengutarakan cintanya, karena Ivan adalah laki-laki paling populer dan
banyak wanita-wanita yang ingin menjadi yang sepesial di hatinya.
Suatu hari ada kakak kelas perempuan yang menanyakan hubungannya dengan
Ivan, lalu Sevilla menjawab hanya berteman biasa. Semenjak itu sifat Ivan
terhadap Sevilla menjadi berubah dan seakan-akan menjauhinya. Sevilla pun heran
kenapa sivat Ivan berubah drastis terhadapnya, sehingga Sevilla pun juga tidak
pernah bersapa, bertemu, dan menghindari Ivan.
Enam tahun pun telah terlewati. Reuni SMP menjadi momen tersendiri bagi
Sevilla untuk bertemu teman-teman lama dan termasuk Ivan yang dulu pernah
disukainya. Namun didalam reuni tersebut Ivan tak menampakkan dirinya. Tidak
selang kemudian Ivan pun muncul dan berhasil mengejutkan Sevilla. Didalam reuni
itu pun Ivan menyatakan cinta kepada Sevilla yang telah enam tahun dipendamnya.
Sevilla pun menerima Ivan, karena sudah dari dulu dia suka kepada Ivan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar