Iklan

Selasa, 07 Februari 2017

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN RAINBOW LOVE IN AMSTERDAM KARYA PUJI DAN CERPEN LOVE THAT I SHOULD HAVE KARYA BELLA DANNY JUSTICE



I.       Pendahuluan
Seiring perkembangan zaman di era globalisasi ini, banyak karya-karya manusia yang mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan sekitar. Begitupun dengan karya sastra. Karya sastra di zaman sekarang atau yang lebih dikenal sebagai sastra populer sebagian besar bertemakan percintaan. Sastra populer merupakan suatu karya yang menyangkut tetntang kepribadian seorang remaja. Karya sastra ini lebih mementingkan fungsi rekreatif atau memberikan rasa senang kepada pembaca dengan menggunakan  bahasa yang ringan. Seperti halnya cerpen populer. Cerpen ini cenderung ringan dan langsung pada tujuannya dibandingkan dengan karya fiksi yang lebih panjang, seperti novel. Karena cerpen ini cenderung singkat, jadi lebih mementingkan tokoh, plot, tema, dan bahasa. Cerita pendek cenderung kurang komples dibandingkan dengan novel. Cerita pendek biasanya memusatkan pada satu kejadian, mempunyai satu plot, setting yang tinggal, dan jumlah tokoh yang terbatas.
Istilah pendidikan dalam bahasa Inggris “education”, berasal dari bahasa latin “educare”, yang dapat diartikan pembibingan berkelanjutan. Dalam arti luas penddikan merupakan sistem proses perubahan menuju pendewasaan, pencerdasan, dan pematangan diri. Kata karakter diambil dari bahasa Inggris character. Karakter merupakan tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau kepribadian yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai pedoman berfikir, bersikap, dan bertindak. Jadi yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah suatu payung istilah yang menjelaskan berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bagi perkembangan personal. Pendidikan karakter menganggap perbagai aspek dari pendidiakan moral, pendidikan kewarganegaraan, dan pengembangan karakter. Pendidikan karakter disebutkan sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari sepenuh hati. Pendidikan karakter terbagi mejadi 17 bagian religi, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasaningin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial.
Inti sari cerita dari cerpen Rainbow Love in Amsterdam karya Puji adalah seorang yang bernama Faiz mencintai adik angkatnya yang bernama Fransisca. Faiz berusaha menghilangkan rasa cinta tersebut karena dia berpikir tidak mungkin akan mencintai seseorang yang itu adalah adik angkatnya sendiri. Pada suatu hari ibu Faiz membicarakan tentang masa depan anaknya yang menyangkut perjodohan. Tidak mungkin jika Faiz harus bilang jujur kepada ibunya bahwa dia telah memendam rasa kepada adik angkatnya, jadi dia pasrah dengan wanta pilihan ibunya. Ketika ibunya menyebutkan nama Fransisca Helena Van Braun, sketika itu Faiz terkejut dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pilihan ibunya adalah sosok wanita yang telah lama dicintainya. Inti sari cerita dari cerpen Love That I Should Have Karya  Bella Danny Justice menceritakan tentang seorang anak perempuan yang bernama Sevilla yang telah ditingggal kedua orang tuanya karena terjadi kecelakaan. Semenjak itu Sevilla menjadi anak yang pendiam dan suka menyendiri. Namun setelah dia mengenal Ivan hidupnya berubah menjadi seperti yang dulu lagi. Setelah sekian lama Sevilla dan Ivan menjalin pertemanan, perasaan cinta diantara keduanya pun mulai tumbuh. Karena Ivan adalah sosok laki-laki yang paling populer dan banyak dikagumi wanita-wanita disekolahnya, jadi Sevilla memilih untuk memendam rasa tersebut. Setelah berpisah selama enam tehun, Sevilla dan Ivan bertemu di acara reunion SMP. Diacara itulah Ivan menyatakan cintanya kepada Sevilla setelah enam tahun terpendam.
Sastra Bandingan adalah pendekatan dalam ilmu sastra yang tidak menghasilkan teori sendiri. Dalam langkah-langkah yang dilakukannya, metode perbandingan adalah yang utama. Menurut Remak (1990:1) sastra bandingan adalah kajian sastra di luar batas-batas sebuah negara dan kajian hubungan di antara sastra dengan bidang ilmu sarta kepercayaan yang lain seperti seni (misalnya seni lukis, seni ukir, seni bina, dan seni musik), filsafat, sejarah, sains sosial (misalnya politik ekonomi, sosiologi), sain, agama, dan lain-lain. Ringkasannya, sastra bandingan membandingkan sastra sebuah negara dengan sastra negara lain dan membandingkan sastra dengan bidang lain sebagai keseluruhan ungkapan kehidupan. Aliran sastra bandingan terbagi ke dalam aliran Prancis dan aliran Amerika. Kedua aliran sepakat bahwa sastra bandingan merupakan kajian satra di luar batas sebuah negara. Akan tetapi, Aliran Prancis menganggap bahwa hubungan sastra dengan disiplin lain bukanlah sastra bandingan, melainkan seni bandingan.


II.     Pembahasan
Karakter atau watak memiliki beberapa aspek, yaitu aspek berupa tujuan-tujuan yang dimiliki manusia dalam tindakan-tindakanya. Bentuk organisasi yang bersandar pada jalinan hubungan dan proporsi dari peranan dan hasrat (misalnya bagaimana hasrat manusia dalam bekerja sama dengan pihak lain); dan nilai etis. Aspek etis ini menunjukkan bagaimana manusia atau seseorang itu memenuhi norma-norma kesusilaan. Dari aspek norma kesusilaan, seseorang dinyatakan baiak atau buruk kreterianya norma-norma kesusilaan (Sardjonoprijo, 1982: 86-88).
Reading (1986:  52 & 297) menyatakan karakter adalah struktrur dasar manusia atau seseorang yang berbeda dengan yang lainnya, organisasi watak seorang individu, atau organisasi yang relevan secara sosial yang dimiliki oleh seorang individu. Sedangkan Surya (2005) mengungkapkan bahwa karakter atau watak pada hakikatnya merupakan sisi kepribadian yang bberkaitan dengan aspek-aspek moralitas normative myang berlaku. Jadi kualitas watk seseorang akan dilihat darri penampilan kepribadiannya ditinjau dari sudut timbangan norma-norma moral. Seseorang dikatakan memiliki kualitas watak yang baik apabila menampilkan perilaku yang sesuai dengan norma-norma moral yang berlaku.
Berdasarkan uraian mengenai batasan karakter tersebut, maka dapat ditarik simpulan yang dimaksudkan dengan karakter adalah nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan tindakan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat. Oleh karena itu, secara personal karakter dapat dinyatakan sebagai sikap pribadi yang stabil hasil proses konsolidasi dengan norma agama, sosial, budaya, bangsa, dan lingkungan secara progresif dan dinamis, integrasi pernyataan dan tindakan.
Pendidikan karakter terbagi mejadi 17 bagian, yaitu religi, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial. Namun di dalam cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have hanya terdapat lima pendidikan karakter, yaitu jujur, rasa ingin tahu, religi, bersahabat, dan gemar membaca.       
2.1     Persamaan Pendidikan Karakter dalam Cerpen Rainbow Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya  Bella Danny Justice.
Persamaan pada cerpen Rainbow Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya Bella Danny Justice dilihat dari pendidikan karakter (1) jujur, (2) rasa ingin tahu, (3) religi, (4) bersahabat, (5) gemar membaca.
1.      Jujur
Jujur adalah sikap seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya tanpa ada kepalsuan dalam suatu tundakan dan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
………………….
Sejenak ia menghela nafas dan dikumpulkannya seluruh keberanianya.
Ia tidak punya pilihan karena Salman menunggu jawaban atas khitbah yang dilayangkan padanya atau seumur hidup ia harus memendam perasaan cinta itu selamanya.
“Dia… Muhammad Faizal Abdullah dik.”
Sebuah senyum tersungging di bibir Nabila mendengar pengakuan kakak angkatnya itu. Akhirnya kini ia tahu kalau kakak angkatnya itu telah lama mencintai kakak kandungnya sendiri, Muhammad Faizal Abdullah.
(Rainbow Love in Amsterdam: 9)
……………………
“a-apa? K-kau menyukaiku? Sejak dulu?”
“ya. Aku minta maaf karna sudah menyakiti hatimu. Aku menghindarimu karna aku ingin melupakanmu. Tetapi, sampai detik ini, aku bahkan belum bisa menghapus bayangmu dari fikiranku. Aku selalu bermimpi bertemu denganmu. Aku ingin mengatakan perasaanku padamu, tapi aku tidak tau info apapun tentangmu sampai Florentina mengadakan reuni ini. Kau tau selama 1 bulan aku menyiapkan diri matang-matang untuk berani menyatakan perasaanku padamu. Hehe”. (Love That I Should Have: 28).

Kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama menunjukkan sifat jujur dalam mengungkapkan perasaan cintanya. Dalam kutipan cerpen yang pertama tokoh Fransisca sedang mencurahkan isi hatinya kepada Nabila bahwa dia mencintai kakaknya yang bernama Faiz. Cerpen kutipan yang kedua tokoh Ivan menyatakan cintanya kepada Sevilla setelah enam tahun perasaannya terpendam. Persamaan dari kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama jujur dalam mencurahkan isi hatinya.

2.      Rasa Ingin Tahu
Rasa ingin tahu adalah sifat naluriah yang dimiliki manusia sejak lahir. Rasa ingin tahu merupakan kecendrungan manusia untuk mengetahui hal yang belum diketahui sebelumnya. Selain itu, rasa ingin tahu merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
………………………
“Ehemmm… kamu kangen ya dengan adik-adikmu Faiz?” Pertanyaan itu membuyarkan lamunan Faiz yang tengah merenung menatap foto Fransisca yang terpampang di ruang keluarga. Ia jadi salah tingkah, dilihatnya sang bunda tersenyum dan membawakan segelas teh hangat untuknya.
“Iya umi… Faiz kangen banget dengan mereka, sejak mereka ke Amsterdam untuk kuliah suasana rumah ini jadi sepi”. Ucap Faiz seraya tersenyum ke arah ibundanya tercinta.
(Rainbow Love in Amsterdam: 5)
……………………….
            Siang itu aku menerima telfon dari kakak kelasku perempuan. Aku terhentak mendengar pertanyaannya.
            “hei, apa kau ada hubungan spesial dengan Ivan?”
            “t-tidak, aku hanya berteman dengannya.”
            “apa kau menyukainya?”
            “...........”
            “hei, aku tanya apa kau menyukainya?!”
            “aku..... tidak menyukainya.”
            “baiklah kalau begitu.” (Love That I Should Have: 9)

Kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama memiliki rasa ingin tahu pada masing-masing tokoh. Pada kutipan cerpen yang pertama rasa ingin tahu terdapat pada sosok ibundanya yang ingin tahu apakah Faiz sedang kangen dengan adik-adiknya. Pada kutipan cerpen yang kedua ada seseorang yang menanyakan kepada Sevilla melalui telepon tentang hubungannya dengan Ivan.


3.      Religi
Religi adalah segala sistem perbuatan manusia yang untuk mencapai maksud dengan cara menyadarkan diri pada kekuasaan Tuhan. Jadi apapun yang dikerjakan dan dilakukan didalamnya akan dilandasi tentang percaya adanya Tuhan.
……………………….
Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Ivan tertawa dalam pelukanku. Begitu indah dan membuatku tenang. “haha Villa, kau tidak berubah. Aku sangat mencintaimu...tapi biar bagaimanapun, aku bersyukur karna penantian kita tidak sia-sia. Aku benar-benar bersyukur...terimakasih Tuhan.” (Love That I Should Have: 31)

Pada kutipan cerpen yang pertama keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya menjadi landasan persahabatan antara abi Faiz dan ayah Fransisca. Sedangkan pada kutipan cerpen yang ke dua tokoh Ivan bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan karena telah berhasil mendapatkan cinta dari Villa. Persamaan dari kedua kutipan cerpen tersebut memiliki persamaan, yaitu memiliki kepercayaan akan adanya Tuhan.

4.      Bersahabat
Tindakan yang memperlihatkan hubungan pertemanan yang sangat dekat, akrab, dan bergaul. Sehingga keduanya akan sangan sulit berpisah dalam situasi apapun. Biasanya persahabatan terjalin tidak terlalu banyak anggotanya, dan kebanyakan berjenis kelamin yang sama.
…………………………
Umi faham betul dengan apa yang kamu dan Fransisca rasakan nak. Abi dan Umi tahu kalian sudah lama saling mencintai. Abi dan Umi jauh-jauh hari sudah menyadari hal itu. Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………….
Vivian adalah teman terbaikku yang pernah ku miliki. Ia satu jurusan denganku, tetapi ia sudah ingin cepat-cepat magang ke Jepang dan akan berangkat 1 bulan lagi. Aku juga mempunyai keinginan yang sama seperti Vivian, tapi aku rasa belum saatnya bagiku untuk meninggalkan Indonesia. Masih ada yang harus aku selesaikan. (Love That I Should Have: 12)

Kedua kutipan cerpen tersebut memilki persamaan, yaitu sama-sama memperlihatkan hubungan persahabatan diantara kedua tokoh yang terdapat pada masing-masing cerpen. Dari kutipan cerpen yang pertama persahabatan terjalin antara ayah Faiz dan ayah Fransiska. Kutipan cerpen yang kedua adalah tokoh Sevilla yang mempunyai sahabat baik bernama Vivian yang mulai bersahabat semenjak masih SMP.   

5.      Gemar Membaca
Gemar membaca dapat diartikan sebagai kesukaan akan membaca, ada kecendrungan hati ingin membaca. Selain itu gemar membaca merupakan kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca yang memberikan kebajikan atau kebaikan bagi dirinya.
……………………….
Faiz sedih, lama Faiz merasa tersiksa dengan perasaan itu, salahkah kalau Faiz mencintai dia… ? Faiz ndak tahu kapan perasaan itu mulai ada dalam hati Faiz. Faiz bergetar tiap mendengar ia melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Faiz kagum dengan budi pekertinya. Hanya dialah nama yang selalu Faiz panjatkan dalam do’a, tapi bagaimana dengan pinangan Salman Umi?”
Seperti faham dengan apa yang diraskan putranya, sang bunda membelai rambut putranya itu kembali.
(Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Tak terasa 6 tahun sudah terlewati bersama dengan kenangan tentang pria yang kusukai itu. Kini aku seorang mahasiswi yang menekuni fakultas Sastra Jepang. Aku suka membaca manga atau komik. (Love That I Should Have: 12)

Pada kutipan cerpen pertama Faiz bergetar hatinya setiap mendengar Fransisca membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pada kutipan cerpen kedua tokoh Sevilla adalah seorang mahasiswi fakultas sastra Jepang yang suka membaca manga atau komik. Kedua kutipan cerpen tersebut memiliki kasamaan, yaitu sama-sama memiliki kegemaran dalam hal membaca.


2.2     Perbedaan Pendidikan Krakter dalam Cerpen Rainbow Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya  Bella Danny Justice.
Perbedaan pendidikan karakter pada cerpen Rainbow Love in Amsterdam karya Puji dan Cerpen Love That I Should Have Karya  Bella Danny Justice dilihat dari (1) religi, (2) jujur, (3) rasa ingin tahu, (4) bersahabat, (5) gemar membaca.
1.      Religi
Menurut KBBI religi adalah kepercayaan kepada Tuhan, kepercayaan akan adanya kekuatan adikodrati di atas manusia, kepercayaan (animisme, dinamisme); agama. Definisi lain menyatakan bahwa religi merupakan perilaku terhadap agama yang berupa penghayatan terhadap nilai-nilai agama yang dapat ditandai tidak hanya melalui ketaatan dalam menjalankan ibadah ritual tetapi juga dengan adanya keyakinan, pengamalan, dan pengetahuan menganai agama yang dianutnya.
……………………….
Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Ivan tertawa dalam pelukanku. Begitu indah dan membuatku tenang. “haha Villa, kau tidak berubah. Aku sangat mencintaimu...tapi biar bagaimanapun, aku bersyukur karna penantian kita tidak sia-sia. Aku benar-benar bersyukur...terimakasih Tuhan.” (Love That I Should Have: 31)

Perbedaan yang terjadi pada kedua kutipan cerpen tersebut yaitu pada cerpen pertama mengacu ke persahabatan antara ayah Faiz dan ayah Fransisca yang di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Nilai religi yang terdapat pada kutipan cerpen yang kedua terjadi ketika Ivan bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan karena telah berhasil mendapatkan cinta dari Sevilla.

2.      Jujur
Jujur jika diartikan secara baku adalah “mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran”. Berperilaku jujur melupakan suatu keharusan dan diajarkan dalam berbagai segi kehidupan, baik dari segi agama, pendidikan, psikologi, perekonomian, dan sebagainya. Menjadi pribadi yang jujur memang tidak mudah, tetapi bukan berarti sulit untuk dilakukan.
………………….
Sejenak ia menghela nafas dan dikumpulkannya seluruh keberanianya.
Ia tidak punya pilihan karena Salman menunggu jawaban atas khitbah yang dilayangkan padanya atau seumur hidup ia harus memendam perasaan cinta itu selamanya.
“Dia… Muhammad Faizal Abdullah dik.”
Sebuah senyum tersungging di bibir Nabila mendengar pengakuan kakak angkatnya itu. Akhirnya kini ia tahu kalau kakak angkatnya itu telah lama mencintai kakak kandungnya sendiri, Muhammad Faizal Abdullah.
(Rainbow Love in Amsterdam: 9)
……………………
“a-apa? K-kau menyukaiku? Sejak dulu?”
“ya. Aku minta maaf karna sudah menyakiti hatimu. Aku menghindarimu karna aku ingin melupakanmu. Tetapi, sampai detik ini, aku bahkan belum bisa menghapus bayangmu dari fikiranku. Aku selalu bermimpi bertemu denganmu. Aku ingin mengatakan perasaanku padamu, tapi aku tidak tau info apapun tentangmu sampai Florentina mengadakan reuni ini. Kau tau selama 1 bulan aku menyiapkan diri matang-matang untuk berani menyatakan perasaanku padamu. Hehe”. (Love That I Should Have: 28).

Kedua kutipan cerpen tersebut sama-sama menunjukkan sifat jujur dalam mengungkapkan perasaan cintanya. Dalam kutipan cerpen yang pertama tokoh Fransisca sedang mencurahkan isi hatinya kepada Nabila bahwa dia mencintai kakaknya yang bernama Faiz. Cerpen kutipan yang kedua tokoh Ivan menyatakan cintanya kepada Sevilla setelah enam tahun perasaannya terpendam. Perbedaannya yaitu dikutipan cerpen yang pertama tokoh Fransisca tidak mengungkapkan secara langsung perasaannya ke Faiz, akan tetapi melalui adik Faiz. Sedangkan pada kutipan cerpen yang kedua tokoh Ivan mengungkapkan perasaan cintanya secara langsung kepada Sevilla.

3.      Rasa Ingin Tahu
Manusia diberi rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu itu terkadang menjurus pada dua cabang pembelokkan dua sisi, yaitu positif dan negatif. Rasa ingin tahu positif akan memberikan dampak yang berguna apakah itu untuk dirinya sendiri ataupun orang banyak. Rasa ingin tahu negatif, seringkali menimbulkan kerugian pada diri manusia itu sendiri yang seharusnya dapat dihindarkan dengan pengalihan pikiran dan pengacuhan timbulnya rasa ingin tahu tersebut.
………….……………
“Nak… umi rasa kamu sudah waktunya berumah tangga, dan kalau gak keberatan umi sudah memilihkan calon terbaik untukmu.”
Tiada angin tiada hujan. Sebenarnya Faiz kaget mendengar ibundanya menyinggung tentang masa depannya itu tapi ia tahu betul bahwa sang bunda ndak main-main tentang hal itu. Lagipula mana mungkin Faiz berterus terang pada sang bunda soal perasaanya terhadap Fransisca.
“Faiz nurut sama umi… Faiz hanya menginginkan seorang pendamping hidup yang sholihah, yang sayang sama Faiz… sayang sama Abi dan Umi dan sayang sama Nabila. Faiz yakin pilihan umi adalah terbaik untuk Faiz. Kalau boleh tahu siapa dia umi?”
(Rainbow Love in Amsterdam: 5)
…………………………
Siang itu aku menerima telfon dari kakak kelasku perempuan. Aku terhentak mendengar pertanyaannya.
            “hei, apa kau ada hubungan spesial dengan Ivan?”
            “t-tidak, aku hanya berteman dengannya.”
            “apa kau menyukainya?”
            “...........”
            “hei, aku tanya apa kau menyukainya?!”
            “aku..... tidak menyukainya.”
            “baiklah kalau begitu.” (Love That I Should Have: 9)

Rasa ingin tahu yang terdapat pada kutipan cerpen pertama yaitu pada tokoh Faiz yang ingin tahu siapa calon istri yang telah dipilihkan oleh ibundanya. Sedangkan rasa ingin tahu yang terdapat pada kutipan cerpen kedua yaitu pada tokoh kakak kelas yang bertanya kepada Sevilla melalui telepon. Dia bertanya apakah Sevilla ada hubungan serius dengan Ivan. Perbedaannya terletak pada cara bertanya. Cerpen pertama bertanya dengan baik, sedangkan cerpen kedua bertanya dengan cara yang tidak baik/bersifat memaksa. Lalu di kutipan cerpen pertama cara bertanyanya secara langsung dan cerpen kedua secara tidak langsung (melalui telepon).

4.      Bersahabat
Sebenarnya arti persahabatan itu adalah suatu bentuk kerja sama dan saling memahami antara dua orang atau lebih. Persahabatan bisa membuat orang senang tetapi juga bisa membuat orang itu menderita. Kebanyakan itu persahabatan akan membawa dampak yang positif pada kehidupan kita.
…………………………
Umi faham betul dengan apa yang kamu dan Fransisca rasakan nak. Abi dan Umi tahu kalian sudah lama saling mencintai. Abi dan Umi jauh-jauh hari sudah menyadari hal itu. Persahabatan abimu dengan ayahnya Fransisca tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Persahabatan yang indah, persahabatan yang mulia karena di dalamnya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah dan Rasulnya. Sebelum bundanya Fransisca meninggal kami pernah berharap semoga kelak kamu dan Fransisca bisa menjadi sepasang suami istri membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah…” (Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………….
Vivian adalah teman terbaikku yang pernah ku miliki. Ia satu jurusan denganku, tetapi ia sudah ingin cepat-cepat magang ke Jepang dan akan berangkat 1 bulan lagi. Aku juga mempunyai keinginan yang sama seperti Vivian, tapi aku rasa belum saatnya bagiku untuk meninggalkan Indonesia. Masih ada yang harus aku selesaikan. (Love That I Should Have: 12)

Kedua kutipan cerpen tersebut memperlihatkan hubungan persahabatan diantara kedua tokoh yang terdapat pada masing-masing cerpen. Dari kutipan cerpen yang pertama persahabatan terjalin antara ayah Faiz dan ayah Fransiska yang dilandasi dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan. Kutipan cerpen yang kedua adalah tokoh Sevilla yang mempunyai sahabat baik bernama Vivian. Selain itu mereka berdua juga satu jurusan yang sama. Perbedaanya kalau di kutipan cerpen pertama persahabatan yang dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan, sedangkan didalam kutipan cerpen yang ke dua hanya persahabatan biasa.

5.      Gemar Membaca
Gemar membaca dapat diartikan sebagai kesukaan akan membaca, ada kecenderungan hati ingin membaca. Seseorang yang gemar membaca biasanya memiliki tujuan yang baik, yaitu dapat memperoleh pengetahuan yang luas.
……………………….
Faiz sedih, lama Faiz merasa tersiksa dengan perasaan itu, salahkah kalau Faiz mencintai dia… ? Faiz ndak tahu kapan perasaan itu mulai ada dalam hati Faiz. Faiz bergetar tiap mendengar ia melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Faiz kagum dengan budi pekertinya. Hanya dialah nama yang selalu Faiz panjatkan dalam do’a, tapi bagaimana dengan pinangan Salman Umi?”
Seperti faham dengan apa yang diraskan putranya, sang bunda membelai rambut putranya itu kembali.
(Rainbow Love in Amsterdam: 5)
………………………..
Tak terasa 6 tahun sudah terlewati bersama dengan kenangan tentang pria yang kusukai itu. Kini aku seorang mahasiswi yang menekuni fakultas Sastra Jepang. Aku suka membaca manga atau komik. (Love That I Should Have: 12)

Pada kutipan cerpen pertama Faiz bergetar hatinya setiap mendengar Fransisca membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pada kutipan cerpen kedua tokoh Sevilla adalah seorang mahasiswi fakultas sastra Jepang yang suka membaca manga atau komik. Perbedaan pada kedua kutipan cerpen tersebut adalah objek yang dibaca. Kutipan cerpen pertama yang dibaca adalah kitab suci Al-Qur’an sedangkan kutipan yang kedua objek bacaannya adalah manga atau komik.


Kesimpulan
            Pendidikan karakter merupakan penanaman budi pekerti yang luhur untuk memahami bagaimana sikap dan perilaku dalam kehidupan. Dalam cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have menganngkat cerita tentang seseorang yang telah lama memendam perasaan cintanya. Tokoh laki-laki yang terdapat pada cerpen pertama sudah lama menyukai adik angkatnya sendiri. Dalam cerpen yang kedua tokoh perempuan menyukai seorang laki-laki semenjak masih duduk di bangku SMP, namun pada akhirnya mereka dipertemukan setelah enam tahun lamanya. Dalam cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have terdapat lima pendidikan karakter, yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca. Persamaan dan perbedaan pendidikan karakter dalam cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have sama-sama terdapat lima nilai, yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca.
Dilihat dari persamaannya cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have terdapat lima kesamaan, yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, gemar membaca. Dilihat dari segi religi kedua cerpen sama-sama percaya akan adanya Tuhan. Dari segi kejujuran seperti pada kedua cerpen tersebut sama-sama jujur dalam mencurahkan isi hatinya. Dari segi rasa ingin tahu kedua cerpan tersebut terdapat pada kedua kutipan cerpen tersebut yang sama-sama memiliki rasa ingin tahu pada masing-masing tokoh. Kutipan cerpen yang pertama rasa ingin tahu pada sosok ibundanya apakah Faiz sedang kangen dengan adik-adiknya dan pada kutipan cerpen yang kedua ada seseorang yang menanyakan kepada Sevilla melalui telfon tentang hubungannya dengan Ivan. Dilihat dari segi bersahabat kedua cerpen sama-sama memperlihatkan hubungan persahabatan diantara kedua tokoh. Dari segi gemar membaca kedua cerpen tersebut memiliki kasamaan, yaitu sama-sama memiliki kegemaran dalam hal membaca.
Dilihat dari perbedaannya cerpen Rainbow Love in Amsterdam dan Love That I Should Have terdapat lima perbedaan, yaitu religi, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, dan gemar membaca. Dilihat dari segi religi pada cerpen pertama tentang keimanan dan ketakwaan pada Tuhan yang terdapat pada suatu persahabatan. Sedangkan pada cerpen yang kedua rasa syukur kepada Tuhan karena telah mendapatkan hati seseorang yang dicintainya. Dari segi kejujuran perbedaannya yaitu dikutipan cerpen yang pertama tokoh Fransisca tidak mengungkapkan secara langsung perasaannya ke Faiz, akan tetapi melalui adik Faiz. Sedangkan pada kutipan cerpen yang kedua tokoh Ivan mengungkapkan perasaan cintanya secara langsung kepada Sevilla. Dari segi rasa ingin tahu kedua cerpen memiliki perbedaan yaitu cerpen pertama bertanya dengan baik, sedangkan cerpen kedua bertanya dengan cara yang tidak baik/bersifat memaksa. Lalu di kutipan cerpen pertama cara bertanyanya secara langsung dan cerpen kedua secara tidak langsung (melalui telepon). Dari segi bersahabat kedua cerpen sama-sama memiliki sahabat yang baik, namun pada cerpen pertama persahabatannya dilandasi keimanan dan ketakwaan pada Tuhan. Dari segi gemar membaca ada perbedaan dari kedua cerpen, yaitu pada objek yang dibaca. Cerpen yang pertama tokoh perempuan rajin membaca Al-Qur’an, sedangkan cerpen yang kedua tokoh perempuan rajin membaca manga atau komik.

Saran
            Kepada pembaca sebaiknya harus mengetahui secara detail tentang karakter tokoh pada suatu cerpen atau novel. Jika hal itu dapat diketahui secara detail tentang karakter tokoh akan memudahkan pembaca dalam mengetahui bagaimana watak, perbuatan, dan kelakuan, sehingga pembaca dapat mengambil nilai-nilai positif dari perilaku tokoh tersebut.


DAFTAR RUJUKAN

Mujahidah, Siti Saadatul. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Hafalan Shalat Delisa” Karya Tere-Liye dan Relefansinya dengan Pembelajaran Fiqih di MI. (online). (http://digilib.uin-suka.ac.id/8653/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, diakses pada tanggal 22-11-2014).
Kanzunnudin, Mohammad. 2013. Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter. (online). http://eprints.umk.ac.id/384/1/PROSIDING_SEMINAR_NASIONAL_PENDIDIKAN_(PENDIDIKAN_UNTUK_KEJ.205-214.pdf, diakses pada tanggal 22-11-2014).
Saragih, Ferdinaen. 2011. Pengertian Sastra Bandingan. (online) (http://www.sigodangpos.com/2011/09/pengertian-sastra-bandingan.html?m=0 , diakses pada tanggal 23-11-2014).




Lampiran 1 (sinopsis)
Lima belas tahun gadis anggun dan bersahaja itu mengisi keseharianya. Entah dari mana dan kapan perasaan cinta itu ada. Ia berusaha menolak, mengingkari, dan membunuh perasaan itu namun toh ia menyerah. Semakin lama berusaha membunuh perasaan cinta itu, namun perasaan itu makin kuat bersemayam dalam lubuk hatinya. Fransisca Helena Van Braun, adik angkatnya adalah putri dari Mr. Robert Van Braun dan Mrs. Helena Van Braun. Di usianya yang ke sebelas tahun Fransisca harus kehilangan kedua orangtuanya yang meninggal akibat kecelakaan tragis. Kedua orangtua gadis itu sudah lama bersahabat karib dengan ayahnya Faiz sejak masih kuliah di Amsterdam University. Fransisca sebaya dengan adiknya Faiz, Nabila Aulia Putri dan ia sendiri berselisih empat tahun dengan Fransisca. Kedua adiknya itu kini tengah menempuh studi di Amsterdam di tempat yang sama dengan ayah mereka belajar dulu.
Pada suatu hari ibunda Faiz membicarakan tentang pendamping untuknya kelak. Sebenarnya Faiz kaget mendengar ibundanya menyinggung tentang masa depannya itu tapi ia tahu betul bahwa sang bunda ndak main-main tentang hal itu. Lagipula mana mungkin Faiz berterus terang pada sang bunda soal perasaanya terhadap Fransisca. Akan tetapi sang bunda memilih Fransisca untuk menjadi pendamping putranya. Antara percaya dan tidak percaya pemuda itu berurai air mata. Dipeluknya sang bunda dan diciumnya tangan sang bunda dengan penuh takzim.
Amsterdam, 21 Januari 2011. Fransisca termangu di sudut kamar tidurnya. Dari balik jendela ia menerawang jauh ke arah cakrawala senja yang tengah diguyur gerimis. Pikiranya tertuju pada seorang pemuda yang telah lama dicintainya. Namun ia juga sedih memikirkan telpon dari Ibunda angkatnya dari Jakarta dua hari yang lalu yang mengabarkan tentang lamaran dari teman sekolahnya Salman.
Seiring berjalanya waktu disaat gelar sarjana kedokteran hampir diraihnya, disaat usianya yang telah menginjak dewasa maka tak heran kalau dalam diri Fransisca semakin timbul keinginan untuk berumah tangga. Ia mendambakan seorang pendamping hidup yang nantinya bisa menjadi imam dan nahkoda dalam bahtera rumah tangga. Dan sosok pendamping hidup yang didambakanya memang ada pada diri kakak angkatnya yang lama ia telah jatuh cinta padanya.
Fransisca pun menceritakan semua perasaannya kepada adik kandung Faiz bahwa dia telah lama mencintai Faiz. Tidak lama berselang Faiz pun datang dengan ayah dan ibundanya untuk menyusul Fransisca. Faiz pun mengutarakan seluruh isi hatinya dan Fransisca pun menerima Faiz dengan seluruh hatinya. Faiz tersenyum dan meraih erat tangan gadis yang kini menjadi istrinya itu.

Lampiran 2 (sinopsis)
Love That I Should Have
Setelah ditinggalkan kedua orang tuanya, Sevilla menjadi wanita pendiam dan jarang bergaul. Setelah Sevilla mengenal laki-laki yang bernama Ivan hidupnya kembali seperti dulu, periang dan suka bergaul. Setelah lama berteman dekat dengan Ivan, perasaan cinta pun tak bisa terlelakan. Namun Sevilla tidak mungkin mengutarakan cintanya, karena Ivan adalah laki-laki paling populer dan banyak wanita-wanita yang ingin menjadi yang sepesial di hatinya.
Suatu hari ada kakak kelas perempuan yang menanyakan hubungannya dengan Ivan, lalu Sevilla menjawab hanya berteman biasa. Semenjak itu sifat Ivan terhadap Sevilla menjadi berubah dan seakan-akan menjauhinya. Sevilla pun heran kenapa sivat Ivan berubah drastis terhadapnya, sehingga Sevilla pun juga tidak pernah bersapa, bertemu, dan menghindari Ivan.
Enam tahun pun telah terlewati. Reuni SMP menjadi momen tersendiri bagi Sevilla untuk bertemu teman-teman lama dan termasuk Ivan yang dulu pernah disukainya. Namun didalam reuni tersebut Ivan tak menampakkan dirinya. Tidak selang kemudian Ivan pun muncul dan berhasil mengejutkan Sevilla. Didalam reuni itu pun Ivan menyatakan cinta kepada Sevilla yang telah enam tahun dipendamnya. Sevilla pun menerima Ivan, karena sudah dari dulu dia suka kepada Ivan.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar