Iklan

Selasa, 07 Februari 2017

NILAI MORAL DALAM CERPEN KASIH SAYANG MERUBAH SEGALANYA KARYA PUTRA NANCY



1.      PENDAHULUAN

Seiring perkembangan zaman di era globalisasi ini, banyak karya-karya manusia yang mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan sekitar. Begitupun dengan karya sastra. Karya sastra di zaman sekarang atau yang lebih dikenal sebagai sastra populer sebagian besar bertemakan percintaan. Sastra populer merupakan suatu karya yang menyangkut tetntang kepribadian seorang remaja. Karya sastra ini lebih mementingkan fungsi rekreatif atau memberikan rasa senang kepada pembaca dengan menggunakan  bahasa yang ringan. Seperti halnya cerpen populer. Cerpen ini cenderung ringan dan langsung pada tujuannya dibandingkan dengan karya fiksi yang lebih panjang, seperti novel. Karena cerpen ini cenderung singkat, jadi lebih mementingkan tokoh, plot, tema, dan bahasa. Cerita pendek cenderung kurang komples dibandingkan dengan novel. Cerita pendek biasanya memusatkan pada satu kejadian, mempunyai satu plot, setting yang tinggal, dan jumlah tokoh yang terbatas.
Nilai moral adalah nilai-nilai yang mengacu pada baik buruknya tindakan manusia sebagai manusia. Hal ini dapat dilihat dari seluruh aspek kehidupan manusia secara konkret, yang teraktualisasi melalui tutur kata dan perbuatan yang dilakukan secara sadar atau mengerti terlebih dahulu tanpa paksaan atau tekanan orang lain. Nilai moral terbagi menjadi tiga bagian, yaitu moral individu, moral sosial, dan moral religi. Moral individu merupakan nilai moral yang yang menyangkut hubungan manusia dengan kehidupan pribadi sendiri. Moral sosial merupakan tindakan kita terhadap manusia lain, dimana perbuatan itu berdampak langsung dengan kehidupan antar sesama manusianya. Sedangkan moral religi merupakan nilai moral yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan.
Inti dari cerpen yang saya pilih adalah tentang seorang seorang anak yang bernama Bunga kurang mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya, karena kedua orang tuanya hanya mementingkan pekerjaan. Di rumah, Bunga hanya bersama pembantu, sopir, tukang kebun, dan satpam. Dia memiliki kedua sahabat yang ternyata hanya memanfaatkan kakayaanya. Namun bunga memiliki kekasih yang bernama Rio, tetapi dia justru tega berselingkuh dengan wanita lain di saat bunga membutuhkannya. Semenjak kejadian itu Bunga berubah menjadi wanita yang nakal. Dia sering keluar malam, meminum-minuman keras, bahkan melakukan seks bebas. Hingga  akhirnya Bunga hamil diluar nikah dan melakukan aborsi. Setelah kejadian itu orang tua Bunga menyesal dan lebih mementingkan kebutuhan anaknya.
Alasan saya memilih judul ini karena saya ingin menekankan kepada anak zaman sekarang/remaja dan orang tua. Kebanyakan orang tua zaman sekarang lebih mementingkan pekerjaanya dari pada memperhatikan anaknya. Orang tua di zaman sekarang menuntut anaknya untuk bisa hidup mandiri dan harus bisa memilih mana yang baik atau buruk untuk masa depannya. Namun, jika seorang anak salah memilih teman, bukan tidak mungkin teman tersebut akan mengajak kearah keburukan. Karena kita tahu, banyak tempat-tempat yang menjadikan kesesatan para remaja. Jika orang tua kurang memberi perhatian kepada anaknya, mereka akan mencari kesenangan sendiri, entah itu baik atau buruk. Maka dari itu orang tua harus bisa menjadi tempat tersendiri untuk anaknya, entah itu sebagai teman curhat, teman bermain, atau yang lainnya. Supaya seorang anak tidak perlu lagi mencari kesenangan di dunia luar.



2.      PEMBAHASAN

A. NILAI MORAL
        Nilai moral adalah nilai-nilai yang mengacu pada baik buruknya tindakan manusia sebagai manusia. Hal ini dapat dilihat dari seluruh aspek kehidupan manusia secara konkret, yang teraktualisasi melalui tutur kata dan perbuatan yang dilakukan secara sadar atau mengerti terlebih dahulu tanpa paksaan atau tekanan orang lain.
            Nilai moral terbagi menjadi tiga, yaitu moral individu, moral sosial, dan moral religi
1.      Moral individu merupakan nilai moral yang yang menyangkut hubungan manusia dengan kehidupan pribadi sendiri.
2.      Moral sosial merupakan tindakan kita terhadap manusia lain, dimana perbuatan itu berdampak langsung dengan kehidupan antar sesama manusianya.
3.      Moral religi merupakan nilai moral yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan.

  Moral individu.
1.      Disiplin
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

Bunga bersekolah disalah satu SMA ternama di Jakarta yaitu SMA Harapan Bangsa. Disekolah, dia terkenal sebagai siswi yang paling cantik, pandai, aktif, dan kreatif. Bunga sering memenangkan berbagai lomba, baik akademis maupun non akademis yang diadakan diwilayah Jakarta dan sekitarnya.

Ketika di sekolah Bunga mendapatkan berbagai prestasi, baik akademis maupun non akademis. Disini terlihat bahwa ketika Bunga ingin mendapatkan hasil tersebut, maka harus ada usaha disiplin untuk mendapatkannya. 


B.     SIFAT BURUK

Nilai moral di atas menunjukkan sifat baik manusia. Akan tetapi, selain moral baik ada juga moral buruk yang menjadi sifat seseorang. Karena sifat seseorang selalu berubah-ubah. seperti halnya sifat tidak bertanggung jawab dan berbohong.

1.      Tidak bertanggung jawab
Tidak bertanggung jawab maksudnya sesuatu yang menjadi kewajibannya namun justru di hindari atau di tinggalkan begitu saja tanpa ada rasa peduli.

Bunga memang memiliki segalanya, namun dia tidak pernah merasa bahagia dengan apa yang dimilikinya. Bunga merasa seperti itu karena kedua orang tuanya tidak pernah mempedulikan dia, ayahnya sibuk dengan perusahaan-perusahaannya yang ada diberbagai kota, sedangkan ibunya sibuk dengan arisan dan belanja atau liburan ke luar negeri sampai lupa dengan Bunga.
            Kedua orang tua Bunga memiliki segalanya yang di butuhkan karena mereka adalah pengusaha besar, namun Bunga selalu di tinggalkan karena kedua orang tuanya sibuk dengan pekerjaanya. Bunga tidak pernah mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. Jadi, orang tua Bunga meninggalkan kewajibannya sebagai pelindung dan pemberi kasih sayang kepada anaknya.

2.      Berbohong
Berbohong adalah mengutarakan kata-kata kepada orang lain bertujuan untuk mempercayai kita, tetapi kata-kata tersebut justru merugikan orang lain karena tidak ada kebenarannya dan bersifat menipu.
'Ok..Ok..aku kesana satu jam lagi ya, aku mau mandi dulu, apa sih yang nggak buat pacarku yang paling cantik ini..He..he..'kata Rio sedikit menggombal. 'Makasih sayang, kamu emang pacarku yang paling baik, aku tunggu kamu sayang, bye..' kata Bunga mengakhiri percakapan itu. 

 . Sesampainya dirumah Rio, dia langsung masuk ke ruang tamu dan melihat Rio sedang bermesraan dengan wanita lain. Melihat itu semua perasaan Bunga semakin hancur. Bunga langsung pulang kerumah dan menangis sekencang-kencangnya didalam kamar.
Di dalam kutipan di atas menunjukkan salah satu nilai moral sosial yang di jelaskan melalui tindakan Rio yang membohongi Bunga. Rio sebagai pacar bunga justru tega menyelingkuhinya, hal itu membuat Bunga menjadi depresi.

C.     NILAI SOSIAL
Nilai sosial adalah nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Untuk menentukan sesuatu itu dikatakan baik atau buruk, pantas atau tidak pantas harus melalui proses menimbang. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dianut masyarakat. Tak heran apabila antara masyarakat yang satu dan masyarakat yang lain terdapat perbedaan tata nilai. Manusia pasti melakukan hubungan dengan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun bernegara.  
Nilai  Sosial dapat berupa:
1.      Kehidupan sosial
(perwatakan yang bermuatan kehidupan sosial, latar yang bermuatan kehidupan sosial, nilai/pesan yang berkaitan kehidupan sosial)
2.      Sikap atau tanggapan kejiwaan pengarang/ penulis sebagai pandangan pribadi pengarang yang tercermin dalam teksnya yang diturunkan  terhadap ketiga unsur (perwatakan, latar, nilai/pesan)
Kehidupan sosial
kehidupan sosial adalah kehidupan yang di dalamnya terdapat unsur-unsur sosial/kemasyarakatan. Sebuah kehidupan disebut sebagai kehidupan sosial jika di sana ada interaksi antara individu satu dengan individu lainnya, dan dengannya terjadi komunikasi yang kemudian berkembang menjadi saling membutuhkan kepada sesama.
. 'Bunga, kekantin yuk, laper banget aku' kata Chika salah satu teman Bunga.'Ayo deh, aku juga lapar banget' kata Bunga dengan semangat. Sesampainya dikantin mereka memesan berbagai macam makanan, setelah itu duduk dibangku yang paling pojok. 'Sayang bayarin kita-kita ya, kita lagi nggak bawa duit semua soalnya' kata Natania dengan wajah yang sok melas. 'Hemm.. itu sih gampang, pokoknya kalian makan aja dulu, kalian senag aku juga ikut senang kok' kata Bunga. 'Makasih Bunga Cantika sayangku' kata Chika dan Natania senang.
Di dalam kutipan ini tokoh Bunga, Chika, dan Natania saling membutuhkan. Chika dan Natania membutuhkan Bunga karena mereka tahu bahwa Bunga adalah anak orang kaya, sehingga mereka manfaatkan kekayaanya. Bunga adalah anak orang kaya yang tidak pernah mendapatkan perhatian, sehingga Bunga membutuhkan kedua sahabatnya untuk mengisi kekosongan dalam menjalani hari-harinya.   




2.      PENUTUP

Sastra populer lebih diminati oleh para remaja, karena menggunakan bahasa yang ringan dan tidak menampilkan permasalahan hidup secara intens. Selain itu alur cerita maupun permasalahan hidup yang diangkat dalam cerpen populer tergolong mirip seperti yang sedang dialami remaja masa kini, yaitu tentang percintaan.  Dalam laporan ini cerpen yang dianalisis untuk mengetahui nilai moral dalam cerpen “kasih sayang merubah segalanya”. Dari analisis cerpen di atas dapat disimpulkan bahwa nilai moral merupakan nilai-nilai yang mengacu pada baik buruknya tindakan manusia sebagai manusia. Hal ini dapat dilihat dari seluruh aspek kehidupan manusia secara konkret, yang teraktualisasi melalui tutur kata dan perbuatan yang dilakukan secara sadar atau mengerti terlebih dahulu tanpa paksaan atau tekanan orang lain. Dari uraian di atas nilai moral dapat berupa moral individu, moral sosial, dan moral religi. Moral individu merupakan nilai moral yang yang menyangkut hubungan manusia dengan kehidupan pribadi sendiri. Moral sosial merupakan tindakan kita terhadap manusia lain, dimana perbuatan itu berdampak langsung dengan kehidupan antar sesama manusianya. Moral religi merupakan nilai moral yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan. Selain itu ada nilai sosial, untuk menentukan sesuatu itu dikatakan baik atau buruk, pantas atau tidak pantas harus melalui proses menimbang. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dianut masyarakat. Manusia pasti melakukan hubungan dengan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun bernegara. Nilai  Sosial dapat berupa Kehidupan sosial (perwatakan yang bermuatan kehidupan sosial, latar yang bermuatan kehidupan sosial, nilai/pesan yang berkaitan kehidupan sosial) Sikap atau tanggapan kejiwaan pengarang/ penulis sebagai pandangan pribadi pengarang yang tercermin dalam teksnya yang diturunkan  terhadap ketiga unsur (perwatakan, latar, nilai/pesan).





DAFTAR RUJUKAN
Putra, Nancy. 2011. Kasih Sayang Merubah Segalanya (online), (http://info-infopuisi.blogspot.com/2011/04/kasih-sayang-merubah-segalanya.html), diakses 13 september 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar